STKIP PGRI Sumatera Barat Mewisuda 752 Lulusan

Unakerhum: Prosesi wisuda ke-58 dan Dies Natalis ke-35 yang diadakan  STKIP PGRI Sumatera Barat pada Selasa dan Rabu (23 - 24/ 4) di STKIP PGRI Convention Centre (SCC), menjadi momen penting bagi perguruan tinggi ini. Selain meluluskan 752 orang sarjana pendidikan, STKIP PGRI Sumatera Barat juga mendapat pengakuan dari Lembaga Layanan Perguruan Tinggi (LL Dikti) wilayah X (Sumbar, Riau, Jambi, dan Kepri), karena menjadi Perguruan Tinggi Penerima Dana Hibah Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat Terbanyak dari 247 Perguruan Tinggi Swasta yang ada di Wilayah X. Itu dibuktikan dengan diterimanya piagam penghargaan dari LL Dikti Wilayah X.

"Apresiasi ini sebagai bentuk penghargaan kepada STKIP PGRI Sumatera Barat karena selalu menjadi perguruan tinggi peraih dana hibah penelitian terbanyak. Pada tahun ini STKIP PGRI Sumatera Barat meraih dana sebesar Rp 6,8 miliar sesuai kontrak penelitian tahun tunggal dan tahun jamak. STKIP PGRI Sumatera Barat sangat luar biasa, karena belum ada perguruan tinggi di LL Dikti Wilayah X yang dapat dana hibah sebesar itu. Baru STKIP PGRI Sumbar lah satu-satunya yang dapat dana penelitian sebesar itu," kata Kabag Sumber Daya Penguruan Tinggi LL Dikti Wilayah X, Febrina Fitri. "Bagi Perguruan Tinggi lainnya, STKIP PGRI Sumatera Barat ini bisa jadi contoh atau acuan untuk menjadi Perguruan Tinggi yang patut diperhitungkan," imbuhnya. 

“Sebagai LPTK kami konsen melahirkan tenaga guru yang professional dan berkualitas. Kepada seluruh wisudawan kami pesankan, ijazah yang Saudara peroleh hari ini jadikanlah sebagai bekal berjuang untuk mendapatkan lapangan kerja dan jangan hanya terfokus menjadi PNS semata” Ucap Ketua Yayasan, Dasrizal. “Semoga saudara berhasil dalam meniti karier untuk mendapatkan kehidupan yang lebih layak dan membangun bangsa ini lebih baik kedepannya” tegasnya. “Kami pengurus yayasan selalu berkomitmen untuk memperhatikan segala hal menyangkut dengan kemajuan STKIP PGRI Sumatera Barat kedepannya baik dari segi sarana dan prasarana maupun peningkatan kualitas sumber daya manusia. Kami selaku pihak yayasan terus berupaya untuk melanjutkan pembangunan yang telah kami rencanakan, diantaranya pembangunan gedung perpustakaan, asrama serta gedung rektorat untuk melengkapi pembangunan di Kampus STKIP PGRI Sumatera Barat.  Disamping itu, yayasan juga telah memberikan bantuan dana studi lanjut S3, penelitian dan pengabdian pada masyarakat bagi dosen, serta reward bagi dosen, karyawan, dan mahasiswa yang berprestasi.” Ungkapnya.

Ketua STKIP PGRI Sumbar, Zusmelia mengatakan, para lulusan yang diwisuda bisa jadi contoh teladan (rule model), agen perubahan di tengah-tengah masyarakat. "Sebagai perguruan tinggi penghasil calon pendidik dan tenaga kependidikan, STKIP PGRI Sumbar selalu berupaya tingkatkan kualitas lulusan, SDM, kualitas pembelajaran dan hal lainnya yang berhubungan dengan peningkatam mutu perguruan tinggi," ujar Zusmelia.

Dirinya menyebutkan mulai wisuda ke- 58 ini STKIP PGRI Sumatera Barat telah terapkan PIN (Penomoran Ijazah Nasional). Ini merupakan proses penomoran ijazah yang menggunakan sistem untuk menghasilkan ijazah yang diterbitkan oleh Kemenristek Dikti dan berlaku secara nasional, "Ini sesuai dengan UU No.12/2012  tentang Pendidikan Tinggi, kemudian Permenristek Dikti No.44 tahun 2015 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi dan Permenristek Dikti No.61 tahun 2016 tentang Pangkalan Data Pendidikan Tinggi," jelas Zusmelia.

Zusmelia juga sebutkan STKIP PGRI Sumbar selalu berusaha menciptakan tenaga pendidik yang profesional serta sesuai dengan tuntutan pasar di dunia kerja, serta menciptakan tenaga pendidik yang melek IT yang sangat responsif terhadap perkembangan IT tersebut. "Saat ini STKIP PGRI Sumbar telah menerapkan E-Learning, harus memahami dan menggunakan aplikasi belajar online seperti ruang guru, kemudian dalam microteaching semuanya berbasis IT, sehingga guru yang kita lahirkan adalah guru yang mengikuti perkembangan revolusi industri 4.0 yang sesuai dengan kondisi era milenial," kata Zusmelia.

Copyright @ 2017 ICT STKIP PGRI Sumbar, All right reserved