Mahasiswa Baru Ikuti PKKMB 2019

Unakerhum: Senin (10/9). STKIP PGRI Sumatera Barat patut berbangga hati karena menerima sebanyak 983 orang mahasiswa Baru periode 2019/2020. Hal itu terlihat dari kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) yang di selenggarakan di STKIP PGRI Convention Centre (SCC), Jl. Gajah Mada Dalam, Kecamatan Nanggalo Padang. Kegiatan PKKMB bertujuan agar mahasiswa baru lebih mengenal, bangga dan mencintai kampus sebagai tempat mereka berkembang selama berkuliah di STKIP PGRI Sumatera Barat. Kegiatan dibuka oleh Sekretaris Pelaksana Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LL Dikti) Wilayah X (Sumbar, Riau, Jambi dan Kepulauan Riau), Yandri.

"Bagi orang baru di lingkungan kampus, mahasiswa baru harus kenal dengan kampus  yang akan dimasukinya, sehingga ini nantinya akan memudahkan para mahasiswa untuk melaksanakan studi yang sesuai dengan minatnya," ungkap Yandri dalam sambutannya. Dia juga menyampaikan tentang keberadaan STKIP PGRI Sumbar saat ini. “Kampus STKIP PGRI Sumbar sampai sekarang selalu meraih banyak prestasi baik di LL Dikti wilayah X maupun dari Kemenristek Dikti,’ katanya. Dengan raihan sejumlah prestasi itu, dirinya mengapresiasi kampus STKIP PGRI Sumbar ini. "Dari 253 Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang tersebar di 4 Provinsi, STKIP PGRI Sumbar masuk dalam akreditasi B dan semua prodi yang ada sudah terakreditasi A dan B. Inilah yang menjadi kebanggan bagi kampus STKIP PGRI Sumbar ini" ucapnya. 

Ketua STKIP PGRI Sumbar, Zusmelia. menyebutkan dari 4 ribu lebih perguruan tinggi yang dinilai Kemenristek Dikti tahun ini, STKIP PGRI Sumbar masuk 100 besar, tepatnya di rangking 97 dalam bidang kemahasiswaan. Kemudian untuk bidang penelitian, STKlP PGRI menempati rangking 80 dari empat ribu lebih perguruan tinggi se-Indonesia. "Untuk bidang kemahasiswaan ini, tahun lalu kami rangking 175 sekarang rangking 97. Alhamdulillah STKIP PGRI Sumbar merasa bersyukur dan bangga, kerja keras kami semua selama ini telah membuahkan hasil," ucap Zusmelia. Dia menyampaikan rasa bangga atas pencapaian yang berhasil diraih STKIP PGRI Sumbar itu. "Jadilah mahasiswa yang paripurna. Jangan sia-siakan waktu dan aktiflah dalam organisasi kemahasiswaan. Di STKIP PGRI Sumbar, ada 13 Unit Kegiatan Mahasiswa dan 14 Himpunan Mahasiswa. Kami harus mulai beraktivitas dengan organisasi yang tersedia," tegasnya. 

Ketua Pelaksana, Jarudin mengatakan, dalam pelaksanaan PKKMB ini tidak ada praktik perpeloncoan pada mahasiswa baru. “Panitia akan terus mengawasi kegiatan PKKMB itu hingga selesai,” katanya. Menyinggung jumlah mahasiswa baru yang diterima STKIP PGRI Sumbar tahun ini, Jarudin menyebutkan Ada sebanyak 983 orang mahasiswa baru yang diterima. "Mereka itu terbagi dalam 14 program studi (Prodi) yang terdiri dari Pendidikan Biologi Sebanyak 82 orang, Pendidikan Sejarah Sebanyak 42 orang, Pendidikan Geografi Sebanyak 98 orang, Pendidikan Bahasa Inggris Sebanyak 85 orang, Pendidikan Matematika Sebanyak 55 orang, Bimbingan dan Konseling Sebanyak 83 orang, Pendidikan Sosiologi Sebanyak 76 orang,  Pendidikan Bahasa Indonesia Sebanyak 124 orang,  Pendidikan Ekonomi Sebanyak 133 orang, Pendidikan Informatika Sebanyak 112 orang, Pendidikan Fisika Sebanyak 17 orang,  Pendidikan IPsSebanyak 18 orang, Pendidikan PKn Sebanyak 16 orang, dan Pendidikan Akuntansi Sebanyak 42 orang.

Proses PKKMB ini dilaksanakan sebanyak dua tahap yakni tahap 1 berlangsung dari 10-12 September yang dilakukan secara in door. Tahap 2 dilaksanakan 28-29 September secara out door," kata Jarudin. Dirinya menambahkan, sebelum dilakukannya penerimaan mahasiswa baru di STKIP PGRI, kampus itu terlebih dahulu telah melakukan berbagai promosi ke berbagai daerah di dalam dan luar Sumbar, bahkan hingga ke Pulau Jawa. “Mudah-mudahan dengan adanya kegiatan ni, mahasiswa baru bisa beradaptasi dan bersosialisasi dengan lingkungan kampus dan lingkungan sekitar kampus,” tutupnya.

Pembukaan PKKMB ditandai dengan pemakaian jas almamater oleh Sekretaris Pelaksana LL Dikti Wilayah X, Yandri dan Ketua STKIP PGRI Sumatera Barat, Zusmelia pada 2 orang perwakilan mahasiswa baru. Selama 5 hari tersebut mahasiswa baru mengikuti berbagai kegiatan yang harus diikuti. Diantaranya adalah pemberian materi dari  Pengurus PGRI Pusat, Achmad Wahyudi, Pimpinan Institusi, POLDA dan Dirlantas POLDA.

Suasana PKKMB juga terasa sangat berbeda dan menarik pada saat pemaparan Materi dari Ketua LKBH PGRI, Dr. Ir. Achmad Wahyudi, MH ketika menyampaikan materi tentang  Sejarah dan Perjuangan PGRI. Perbedaan itu terlihat karena pada saat pemaparan materi, Ia mengajak seluruh mahasiswa baru, termasuk para pimpinan institusi, pengurus PGRI Provinsi Sumbar, pengurus PGRI kota Padang, pengurus yayasan, dosen serta seluruh yang hadir untuk menghidupkan lampu flash Android mereka masing-masing dalam keadaan gelap serta diiringi lagu ciptaan Jamrud dan diikuti oleh semua yang hadir. Seluruh yang hadir antusias dan terlihat begitu memahami atas pemaparan Wahyudi yang memaparkannya dengan sangat jelas, detail disertai bukti-bukti yang nyata. 

Salah satu mahasiswa baru, Indria Natasya dari prodi pendidikan sosiologi mengatakan bahwa dia sangat senang dan bangga diterima dikampus STKIP PGRI Sumatera Barat. Ia berkeinginan untuk mengikuti organisasi kemahasiswaan dan bertekat untuk membanggakan kampus. “Bukan kampus yang menjadikan kita besar, tapi kitalah yang akan membanggakan kampus kita,” ungkapnya. Ia juga mengatakan bahwa kegiatan PKKMB yang dijalaninya sangat berkesan, karena paparan materi yang disampaikan sangat menarik dan kegiatannya juga seru.

 

 

Copyright @ 2017 ICT STKIP PGRI Sumbar, All right reserved