Kurbankan 9 Ekor Sapi

Unakerhum:  Meski diguyur hujan rintik, proses penyembelihan Delapan ekor sapi yang menjadi hewan kurban STKIP PGRI Sumatera Barat (Sumbar), di Idul Adha 2019 M/ 1440 H tahun ini tetap berjalan sesuai rencana. Dengan diiringi suara Takbir dan Tahmid, seekor demi seekor sapi kurban disembelih di halaman kampus STKIP PGRI Sumbar itu, Senin (12/8). Penyembelihan hewan kurban disaksikan langsung oleh ketua Yayasan, Dasrizal, Ketua STKIP PGRI Sumbar, Zusmelia, dan seluruh pimpinan, dosen, karyawan serta masyarakat dilingkungan kampus tersebut. 

"Untuk penyembelihan sapi kurban di STKIP PGRI Sumbar Kali ini seluruh nya ada sembilan ekor. namun yang disembelih di kampus ini hanya delapan ekor sapi, sedangkan satu ekor lagi disembelih di Desa Sigapogna, Siberut Utara Kabupaten Kepulauan Mentawai," kata Ketua Yayasan STKIP PGRI Sumbar, Dasrizal. 

Menurut dia, ide lakukan penyerahan sapi kurban dan disembelih di salah satu desa di Mentawai itu tempat itu berangkat dari ide dirinya bersama  Wakil ketua III STKIP PGRI Sumbar, Jarudin dan panitia kurban STKIP PGRI Sumbar tahun ini. " lokasi itu sebagai salah satu tempat bagi STKIP PGRI Sumbar lakukan program pengabdian masyarakatnya," imbuh Dasrizal. 

Ketua STKIP PGRI Sumbar, Zusmelia menyebutkan kurban di STKIP PGRI Sumbar merupakan hal yang selalu dilakukan tiap tahun. Bahkan tradisi ini sudah dijalankan sejak tahun 90 an. "Untuk Idul Adha tahun ini, ada sembilan ekor sapi yang kami sembelih. Hewan kurban ini merupakan hasil kurban dari masing-masing pimpinan prodi dan kepala unit dan, staf serta dosen serta para pimpinan STKIP PGRI Sumbar," katanya. Keikutsertaan pimpinan prodi, pimpinan unit, staf dosen dan para pimpinan di kampus ini sudah rutin dilakukan. "Cara yang kami lakukan, para peserta kurban ini menyicil biaya kurban itu tiap bulannya. Dari situ kami lalu kumpulkan dana kurban itu untuk beli hewan kurban," tambahnya. Menurut dia, ini suatu yang menggembirakan dan makin menunjukan kepedulian civitas akademika kampus ini pada sesama, terlebih bagi masyarakat di lingkungan sekitar kampus ini. 

Di sisi lain, proses penyembelihan hewan kurban dilakukan oleh tim yang telah ditunjuk panitia, termasuk beberapa orang dosen dari STKIP PGRI Sumbar juga ikut terlibat dalam pemotongan hewan kurban ini. Hewan yang telah selesai disembelih kemudian dikuliti dan dipotong-potong dan dilakukan penimbangan daging, dan isi perut hewan ini diangkut menuju sungai untuk dibersihkan. 

Selesai sholat Dzuhur panitia telah selesai melakukan penimbangan daging kurban dan siap dibagikan kepada  peserta kurban, dan masyarakat sekitar yang mendapat kupon kurban dari STKIP PGRI Sumbar. Pembagian ini langsung dilakukan oleh seksi perlengkapan. Pada pukul 16.00 WIB semua kantong daging yang diperuntukan pada peserta dan masyarakat yang memperoleh kupon tadi sudah selesai dibagikan.

Copyright @ 2017 ICT STKIP PGRI Sumbar, All right reserved