Workshop Proposal Penelitian Untuk Reviewer Madya

Unakerhum: Sebanyak 75 orang dosen reviewer Madya dari berbagai perguruan tinggi negeri dan swasta yang berada dibawah wilayah kerja lembaga layanan pendidikan tinggi (LL Dikti) Wilayah X (Sumbar, Riau, Jambi, dan Kepri) mengikuti workshop peningkatan luaran penelitian dengan tujuan revitalisasi reviewer klaster Madya. Workshop diadakan Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM) Direktorat Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan Kemenritek Dikti bekerja sama dengan LL Dikti Wilayah X dan UP3M STKIP PGRI Sumatera Barat di Hotel Pangeran Beach Hotel Padang, Senin (19/8). 

Kepala LL Dikti Wilayah X, Prof. Herri menyebutkan revitalisasi reviewer ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan mutu penelitian para dosen yang ada dibawah LL Dikti Wilayah X. "Penerima dana hibah tahun ini meningkat dibanding tahun lalu hingga mencapai 600 orang, namun masih tergolong sedikit dari jumlah dosen yang ada di LL Dikti Wilayah X. Sedikitnya para dosen membuat proposal penelitian itu dikarenakan oleh berbagai sebab, diantaranya ada perguruan tinggi yang baru lahir ada pula yang sudah berumur setahun dua tahun atau lebih. Ada pula perguruan tinggi yang sudah besar atau pun kecil. Dan ada pula keberadaan perguruan tinggi itu di kabupaten kota maupun di pusat kota. "Namun ada juga faktor dari kualitas penulisan proposal penelitian yang dibuat dosen, sehingga banyak proposal tidak diterima Kemenristek Dikti. Ini tantangan bagi masing-masing PTN/PTS kedepannya," tegasnya. Padahal, kalau berkualitas risetnya, para dosen bisa mengajukan HKI dan mematenkannya. Bahkan bisa menjadi barang dan jasa untuk kepentingan bangsa. Ia mengharapkan, para dosen meningkatkan kinerja dan kualitas dari teman-teman semuanya. 

 

Sementara itu, Ketua STKIP PGRI Sumbar, Zusmelia selalu mendorong para dosen untuk melakukan penelitian. Dalam kegiatan tersebut, ada enam orang dosen yang mengikutinya. "Terima kasih kepada DRPM Kemenristek Dikti yang telah memberikan amanah dan kepercayaan kepada STKIP PGRI Sumbar untuk  menyelenggarakan kegiatan ini. Bagi kami, setiap perguruan tinggi sudah harus meningkatkan kualitas risetnya. Kalau hari ini reviewer dipanggil. Tentu bagi kami sebuah pencerahan dan kebanggaan yang luar biasa" katanya. Adapun tujuan dari kegiatan ini adalah revitalisasi untuk para reviewer yang diberi amanah dan dipercaya yang bersertifikat untuk review proposal yang masuk. "Dipilih STKIP PGRI Sumbar, karena memang kami satu-satunya PTS Wilayah X yang berada di Klaster Utama," kata Zusmelia. 

 

Copyright @ 2017 ICT STKIP PGRI Sumbar, All right reserved