PENGENALAN KEHIDUPAN KAMPUS BAGI MAHASISWA BARU (PKKMB) STKIP PGRI SUMATERA BARAT
Artikel berita - Kategori Kegiatan | Diposting pada : 2017-09-12 -|- 04:31:pm
Share this article on

Unakerhum: Sabtu (9/9). STKIP PGRI Convention Centre (SCC) pada hari kamis sampai sabtu  (7-9/9) selalu ramai dengan keberadaan ratusan generasi muda berseragam hitam putih. Mereka tidak lain merupakan mahasiswa baru STKIP PGRI Sumatera Barat angkatan 2017/2018 beserta panitia PKKMB dari mahasiswa senior. PKKMB di STKIP PGRI Sumatera Barat dikenal dengan nama Silaturahmi Mahasiswa Keguruan (SIMAK). Mereka datang dalam rangka mengikuti SIMAK yang merupakan kegiatan tahunan untuk pengenalan lingkungan kampus untuk mahasiswa baru STKIP PGRI. Bagi Civitas Akademika, kegiatan SIMAK ini merupakan momen istimewa penanda bahwa mereka telah memasuki gerbang Perguruan Tinggi sebagai mahasiswa. Bahkan dalam kegiatan SIMAK merekalah mahasiswa baru yang pertama kali menginjakkan kaki digedung SCC. Menurut Jarudin, M.A, Ph.D selaku ketua panitia, tahun ini STKIP PGRI resmi menerima sebanyak 837 orang mahasiswa baru. Jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya, penerimaan mahasiswa tahun ini mengalami peningkatan, walaupun peningkatannya tidak terlalu signifikan.


Dihadapan ratusan mahasiswa baru, dalam sambutannya ketua yayasan Drs. Dasrizal, M.P menyampaikan berbagai prestasi yang pernah diraih STKIP PGRI Sumatera Barat diantaranya: juara satu bidang MTQ tingkat kopertis wilayah X tahun 2015, mewakili Indonesia tampil di ajang seni di Singapura tahun 2016, dalam Unit Kemahasiswaan (UKM), STKIP  selalu menduduki rangking teratas Perguruan Tinggi yang mendonor darah di kota Padang. Selama tiga tahun berturut-turut dari tahun 2015 sampai tahun 2017 STKIP PGRI Sumatera Barat meraih Hibah Penelitian dari Dikti dan menduduki Klaster Utama dalam bidang penelitian, sama dengan Perguruan Tinggi Negeri lainnya. Bahkan dalam lomba dosen dan mahasiswa berprestasi yang diadakan kopertis wilayah X, STKIP PGRI meraih juara satu dosen berprestasi dan juara tiga mahasiswa berprestasi. Dia juga mengatakan  saat ini STKIP PGRI sedang berusaha dan berproses untuk menjadikan STKIP PGRI Sumatera Barat menjadi Universitas PGRI Sumatera Barat ujarnya. 


Ketua STKIP PGRI Sumbar, Dr. Hj. Zusmelia, M.Si dalam sambutannya mengucapkan ucapan terima kasih kepada orang tua, sanak famili mahasiswa yang sudah mempercayakan dan mendorong anak-anaknya untuk berproses di STKIP PGRI Sumatera Barat. Dia juga menambahkan, jika kita semua mempunyai keinginan dan dikabulkan Kemenristek Dikti, STKIP PGRI akan berubah bentuk menjadi Universitas PGRI Sumatera Barat.


Kegiatan SIMAK tahun ini, di isi dengan penyampaian materi kepada mahasiswa baru yang menghadirkan Pemateri-pemateri dari luar dan dalam kampus, diantaranya menghadirkan Prof. Dr. Herri, MBA, Koordinator kopertis Wilayah X, Prof. Dr. H. Werry Darta Taifur, SE, MA, Mantan rektor Universitas Andalas (UNAND), Zainal Akil, S.Pd, ketua PGRI Propinsi Sumatera Barat, Kombes Pol. Nasrun Fahmi, SH, M.Si, Direktur Binmas Polda Sumbar, serta Jarudin, MA, Ph.D, Wakil ketua Bidang Kemahasiswaan Alumni dan Kerjasama STKIP PGRI Sumatera Barat.


Dalam kegiatan penutupan SIMAK 2017, ketua yayasan, Dasrizal yang dengan ciri khasnya berpantun adat serta berpenampilan layaknya seperti anggota DPR, mengundang decak kagum dan sorak sorai Civitas Akademika dengan isi pidato dan motivasi yang selalu diberikannya. Dia mengatakan  Kegiatan SIMAK tahun ini merupakan SIMAK termegah dan terbaik sepanjang sejarah STKIP PGRI Sumatera Barat. Sedangkan Zusmelia dalam penutupan menyampaikan kebanggaannya terhadap seluruh panitia dosen dan mahasiswa yang telah menjalankan tugas dan mengemas kegiatan SIMAK tahun ini dengan sangat baik dan membanggakan. Begitu juga, ucapan terimakasih yang di sampaikan Jarudin kepada seluruh panitia dosen dan mahasiswa serta Civitas Akademika yang sudah melaksanakan kegiatan ini dengan sebaik-baiknya, demi kejayaan STKIP PGRI.

Berita Kemahasiswaan

Dua Ratus Mahasiswa STKIP PGRI Terima Beasiswa

2017-02-01 - 01:13:pm | Kategori Kemahasiswaan | oleh Humas

Unakerhum :  Sebanyak dua ratus mahasiswa kurang mampu mendapatkan beasiswa dari Baznas Kota Padang. Penyerahan &nb.....Baca Selanjutnya

SMA Negeri 1 Gunung Omeh Kunjungi STKIP PGRI

2017-02-01 - 11:51:am | Kategori Kemahasiswaan | oleh Humas

Unakerhum :  Kamis (12/1) Rombongan Guru, Siswa IPA dan IPS  SMA Negeri  1 Gunung Omeh Kabupaten  Li.....Baca Selanjutnya

Berita Kegiatan

SEKOLAH TINGGI KESEHATAN (STIKes) PERINTIS STUDY BANDING KE STKIP PGRI SUMATERA BARAT

2017-09-13 - 07:47:am | Kategori Kegiatan | oleh Humas

Unakerhum: Selasa (12/9) Ketua STKIP PGRI Sumatera Barat, Dr. Zusmelia, M.Si  dikunjun.....Baca Selanjutnya

PENGENALAN KEHIDUPAN KAMPUS BAGI MAHASISWA BARU (PKKMB) STKIP PGRI SUMATERA BARAT

2017-09-12 - 04:31:pm | Kategori Kegiatan | oleh Humas

Unakerhum: Sabtu (9/9). STKIP PGRI Convention Centre (SCC) pada hari kamis sampai sabtu&nbs.....Baca Selanjutnya

Berita Akademik

STKIP PGRI SUMATERA BARAT PERERAT KERJASAMA DENGAN PERGURUAN TINGGI LUAR NEGERI

2017-09-14 - 10:36:am | Kategori Akademik | oleh Humas

Unakerhum: Dalam rangka menidak lanjuti kerjasama yang sudah disepakati STKIP PGRI Sumatera.....Baca Selanjutnya

SERAH TERIMA MAHASISWA PERMATA DARI STKIP BIMA NUSA TENGGARA BARAT KE STKIP PGRI SUMATERA BARAT

2017-09-12 - 04:36:pm | Kategori Akademik | oleh Humas

Unakerhum: Selasa (12/9). STKIP PGRI Sumatera Barat  menjalin kerjasama  dengan STKIP Bima Nusa Te.....Baca Selanjutnya