Semangat Hari Pendidikan
Artikel berita - Kategori Kegiatan | Diposting pada : 2017-05-17 -|- 09:23:am
Share this article on

Unakerhum : Sebagai salah satu perguruan tinggi yang menghasilkan tenaga pendidik, STKIP PGRI Sumatera Barat selalu mengutamakan pendidikan karakter bagi mahasiswanya. Untuk menciptakan siswa yang berkarakter, dibutuhkan guru yang berkarakter. Untuk menciptakan guru yang berkarakter dan profesional, harus dimulai dari Dosen, Tenaga Pendidik yang berkarakter disebuah Perguruan Tinggi. Hal ini sejalan dengan apa yang dikatakan oleh Ketua STKIP PGRI Sumbar di ruang kerjanya. Bahwa “Guru adalah Role Model” yang digugu dan ditiru. STKIP PGRI sebagai LPTK yang mencetak tenaga pengajar harus membekali mahasiswa dengan karakter yang baik dan tidak hanya melalui revitalisasi Kurikulum tetapi juga melalui kegiatan ekstra kurikuler yang selalu dilakukan mahasiswa di setiap Program Studi.


 Upaya kampus yang beralamat di Jl. Gunung Pangilun, Kota Padang ini dalam menghasilkan lulusan yang berkarakter didukung pula dengan penggunaan kurikulum terbaru yang berorientasi Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) dan Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SNPT). Capaian pembelajaran dalam kurikulum ini terdiri atas empat unsur, yaitu sikap dan tata nilai, pengetahuan, keterampilan umum, dan keterampilan khusus.


“Penilaian utama dalam setiap perkuliahan adalah sikap dan tata nilai, baru diikuti oleh tiga unsur lainnya. Meskipun kemampuan intelektualnya bagus, namun bila unsur sikap dan tata nilainya tidak tercapai, mahasiswa tersebut tetap tidak lulus,” kata Zusmelia melanjutkan.


Zusmelia melanjutkan, pihaknya mendidik mahasiswa dengan disiplin dan moralitas yang tinggi. Jika ada mahasiswa yang melanggar secara amoral, tidak ada toleransi dari kampus. Hal itu dilakukan agar lulusannya benar-benar berkualitas secara sikap dan tata nilai.


Sebelum mendidik mahasiswa menjadi seperti itu, STKIP PGRI Sumbar juga mempersiapkan dosen terlebih dahulu. Semua dosen sudah mengikuti pelatihan AA (Applied Approach) yang muatannya, antara lain softskill, pembangunan karakter, dan keprofesionalan. Dosen juga dipersiapkan untuk mengajar dengan penuh kasih sayang dan ramah terhadap mahasiswa.


“Sikap dosen dalam mengajar sangat berpengaruh terhadap pembentukan karakter mahasiswa,” kata perempuan kelahiran Padangpanjang, 10 April 1966 ini.


Disamping itu Jarudin, Ph.D selaku Waka Bid. Kemahasiswaan juga mengatakan bahwa kegiatan ekstrakurikuler yang positif juga menjadi media pembentukan karakter mahasiswa di luar kelas. STKIP PGRI Sumbar pun mengalokasikan dana yang cukup besar untuk kegiatan ekstrakurikuler. Perhatian yang besar terhadap kegiatan dan kreativitas mahasiswa berbanding lurus dengan prestasi yang diraih.


Berbagai prestasi telah banyak diraih baik tingkat daerah, nasional, maupun internasional berhasil diukir. Prestasi terbaru mahasiswa STKIP PGRI, antara lain juara umum KSR PMI se-Sumbar, juara II lomba debat ekonomi tingkat nasional, juara I lomba debat bahasa Inggris di Pekanbaru, peringkat III mahasiswa berprestasi tingkat Kopertis Wilayah X, perwakilan Kopertis Wilayah X di ON MIPA, finalis regional Wilayah Barat dalam OSN Pertamina, dan tampil di Muara Dance Festival di Singapura yang diwakili oleh sanggar seni “Ranah Palito” STKIP PGRI Sumbar. Dibidang olah raga, mahasiswa STKIP PGRI juga memberikan kontribusi dan prestasi membanggakan diantaranya berhasil meraih satu emas, satu perak dan tiga perunggu dalam Pekan olah raga Mahasiswa (PORSENASMA)  Perguruan Tinggi PGRI se Indonesia yang berlangsung pada 25-30 April 2017 di Palembang.  


Selain mengutamakan pendidikan karakter, STKIP PGRI Sumbar juga senantiasa menjalankan kontrol kualitas terhadap mutu pendidikannya. Semua standar yang ditetapkan Kemristekdikti dan Kopertis Wilayah X dipenuhi melebihi standar minimal yang ditetapkan. STKIP PGRI Sumbar bahkan juga punya dosen yang menjadi fasilitator tingkat nasional di bidang penjaminan mutu.


“Alhamdulillah, di bidang penjaminan mutu kita yang terbaik dan menjadi referensi bagi perguruan tinggi lain,” ujar Anggota Tim Ahli Penyusunan Kurikulum Perguruan Tinggi Kopertis Wilayah X ini.


Sejak berdiri tahun 1984, STKIP PGRI Sumbar sudah menghasilkan 16.865 lulusan. Selain terkenal sebagai pencetak guru, kampus yang memiliki visi “Menjadi Perguruan Tinggi yang Unggul di Bidang Keguruan dan Ilmu Pendidikan yang Kompetitif di Wilayah Sumatera” ini juga menghasilkan sumber daya yang bekerja di bidang industri, BUMN, pegawai pemerintahan/swasta, dan sebagainya.


“Setiap prodi di STKIP PGRI Sumbar memiliki profil utama dan profil pendukung. Profil utama lulusan kita adalah menjadi guru, di samping itu juga profil pendukung. Dengan demikian, meski belum berkesempatan menjadi guru, para lulusan bisa bekerja di profesi lain,” kata Zusmelia. Disamping itu, pada pelaksanaan upacara hari pendidikan, Zusmelia juga memberikan penghargaan kepada mahasiswa yang berprestasi dan piagam penghargaan diserahkan oleh Waka I dan III seusai upacara  hari pendidikan yang berlangsung di halaman parkir STKIP PGRI Sumbar.

Berita Kemahasiswaan

Dua Ratus Mahasiswa STKIP PGRI Terima Beasiswa

2017-02-01 - 01:13:pm | Kategori Kemahasiswaan | oleh Humas

Unakerhum :  Sebanyak dua ratus mahasiswa kurang mampu mendapatkan beasiswa dari Baznas Kota Padang. Penyerahan &nb.....Baca Selanjutnya

SMA Negeri 1 Gunung Omeh Kunjungi STKIP PGRI

2017-02-01 - 11:51:am | Kategori Kemahasiswaan | oleh Humas

Unakerhum :  Kamis (12/1) Rombongan Guru, Siswa IPA dan IPS  SMA Negeri  1 Gunung Omeh Kabupaten  Li.....Baca Selanjutnya

Berita Kegiatan

PENERIMAAN PEGAWAI TETAP YAYASAN STKIP PGRI SUMATERA BARAT TAHUN 2017

2017-07-12 - 07:47:pm | Kategori Kegiatan | oleh Administrator

= PENGUMUMAN = 

Unakerhum: Setelah libur Idul Fitri , Civitas Akademika STKIP PGRI Sumatera Barat memulai k.....Baca Selanjutnya

Berita Akademik

Kemenristek Dikti Percayakan STKIP PGRI Sebagai Tempat Pelaksanaan Deseminasi SPMI

2017-07-10 - 06:14:pm | Kategori Akademik | oleh Humas

Unakerhum : Kemenristek Diktimengundang para Rektor, yayasan dan pimpinan Lembaga/Unit Penj.....Baca Selanjutnya

Kuliah Umum Guru Besar Da-Yeh University

2017-03-08 - 03:09:pm | Kategori Akademik | oleh Administrator

Unakerhum : STKIP PGRI Sumbar menilai pembinaan karakter generasi muda melalui perguruan tinggi sangatlah penting, karen.....Baca Selanjutnya