STKIP PGRI Sumbar Bekali Pengetahuan Dosen Muda Dengan Pelatihan AA
Artikel berita - Kategori Akademik | Diposting pada : 2016-08-11 -|- 02:39:pm
Share this article on

Unakerhum : Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) PGRI Sumatera Barat melakukan pelatihan Applied Approach (AA) bagi 48 dosen mudanya. Program ini merupakan program pelatihan yang dapat dimanfaatkan dalam rangka peningkatan kompetensi profesional dosen dalam memangku jabatan fungsional, terutama dalam peningkatan keterampilan pedagogis.


"Pelatihan ini sebelumnya dikenal dengan Akta V, tetapi sekarang sudah tidak lagi diselenggarakan pemerintah dan diganti dengan AA. Program ini wajib diikuti dosen. AA lebih singkat dibanding Akta V yang memakan waktu enam bulan. Tak hanya itu, AA bisa diselenggarakan di perguruan tinggi bekerjasama dengan kopertis,” ucap Ketua STKIP PGRI Sumbar Dr Zusmelia, Msi didampingi Wakil Ketua I Sri Imelwaty, MPd, PHd di ruang kerjanya, Selasa (9/8).


Zusmelia mengatakan, tahun ini merupakan tahun kelima penyelenggaraan AA di STKIP PGRI. Program ini juga merupakan salah satu persyaratan yang harus dipenuhi dosen yang akan sertifikasi, yang membuktikan mereka dosen profesional. Tahun lalu, STKIP baru saja menerima 28 dosen baru sehingga harus dilaksanakan program ini sebelum perkuliahan dimulai. Selain dosen STKIP, juga turut bergabung dosen dari universitas lain, seperti Universitas Darma Andalas, Stikes Darma Landbow, STMIK Indonesia dan dosen mandiri.


Ia juga mengatakan, pihak yayasan beserta kampus terus mendorong agar dosen tetap berkompeten. Hingga saat ini, pihak kampus tetap disiplin terhadap rasio dosen dan mahasiswa dengan rasio 1:27 untuk jurusan IPA dan 1: 33 untuk jurusan IPS.


“Dengan rasio ini, pergguruan tinggi kami tergolong sehat,” katanya.


Tak sampai disana, pihak kampus juga mendorong dosen mengambil program doktor. STKIP sendiri menargetka 20 persen dari 269 dosen bisa meraih gelar doktor.


“Saat ini sudah 12 dosen yang bergelar doktor, dua dosen lagi sudah selesai menggelar ujian tertutup. Dan kami sudah mengirim 28 dosen untuk studi lanjut, delapan di antaranya dikirim tahun ini,” terangnya lagi.


Kemudahan lain yang dirasakan dosen yang sedang studi lanjut adalah tetap diberi gaji, meskipun bebas dari jam mengajar. Ini adalah komitmen yayasan terhadap mutu dosen.


Sri Imelwaty yang juga Ketua Panitia Program AA ini mengatakan, pelatihan dilaksanakan selama 3 hari, 8-10 Agustus 2016. Dengan narasumber Prof Ganefri, MT PHd, Prof Dr Elizar Jalius, Prof Dr Syahrul, MPd, Dr Zusmelia, MSi dan Drs Hanafi, MS.


“Kegiatan ini bertujuan menghasilkan dosen berkualitas, memahami pembelajaran di ruang kelas, dosen profesional. Kegiatan ini kerja sama antara UP3M dan UPJMI STKIP PGRI Sumbar,” ucapnya.


Sementara itu salah seorang narasumber Dr Ansofino, MSi mengatakan, dosen bisa lulus mengikuti pelatihan ini jika mengikuti jalannya seluruh workshop. Nnatinya di akhir pelatihan, dosen diminta menyusun evaluasi perkuliahan.


“Jika absen bolong-bolong, bisa saja tidak lulus,” ucapnya. (Eni/AR)

Berita Kemahasiswaan

Dua Ratus Mahasiswa STKIP PGRI Terima Beasiswa

2017-02-01 - 01:13:pm | Kategori Kemahasiswaan | oleh Humas

Unakerhum :  Sebanyak dua ratus mahasiswa kurang mampu mendapatkan beasiswa dari Baznas Kota Padang. Penyerahan &nb.....Baca Selanjutnya

SMA Negeri 1 Gunung Omeh Kunjungi STKIP PGRI

2017-02-01 - 11:51:am | Kategori Kemahasiswaan | oleh Humas

Unakerhum :  Kamis (12/1) Rombongan Guru, Siswa IPA dan IPS  SMA Negeri  1 Gunung Omeh Kabupaten  Li.....Baca Selanjutnya

Berita Kegiatan

PENERIMAAN PEGAWAI TETAP YAYASAN STKIP PGRI SUMATERA BARAT TAHUN 2017

2017-07-12 - 07:47:pm | Kategori Kegiatan | oleh Administrator

= PENGUMUMAN = 

Unakerhum: Setelah libur Idul Fitri , Civitas Akademika STKIP PGRI Sumatera Barat memulai k.....Baca Selanjutnya

Berita Akademik

Kemenristek Dikti Percayakan STKIP PGRI Sebagai Tempat Pelaksanaan Deseminasi SPMI

2017-07-10 - 06:14:pm | Kategori Akademik | oleh Humas

Unakerhum : Kemenristek Diktimengundang para Rektor, yayasan dan pimpinan Lembaga/Unit Penj.....Baca Selanjutnya

Kuliah Umum Guru Besar Da-Yeh University

2017-03-08 - 03:09:pm | Kategori Akademik | oleh Administrator

Unakerhum : STKIP PGRI Sumbar menilai pembinaan karakter generasi muda melalui perguruan tinggi sangatlah penting, karen.....Baca Selanjutnya