Percaya Diri, Modal Utama Jadi Seorang Pemimpin
Artikel berita - Kategori Kemahasiswaan | Diposting pada : 2016-04-23 -|- 12:25:pm
Share this article on

Unaker dan Humas-Semakin banyak aktivis di negeri ini, maka akan semakin banyak pula munculnya pandangan-pandangan baru mengenai suatu organisasi. Organisasi yang sejatinya merupakan wadah bagi mereka dengan tujuan yang sama untuk mewujudkan harapan-harapan yang mereka rangkai sesuai dengan bidang organisasi tersebut. Organisasi memiliki kata dasar organ, ibaratkan organ tubuh manusia andaikan yang satu tidak berfungsi, maka yang lain akan ikut sakit. Begitulah kira-kira orang mengumpamakannya.


Sebagai salah seorang dari sekumpulan orang-orang yang aktif berorganisasi, Oviza Dasta, dengan panggilan akrab Ovi, memiliki pandangan tersendiri mengenai organisasi. Mahasiswa kelahiran Sumpur Kudus kab. Sijunjung, 21 tahun silam ini mengaku gemar berorganisasi semenjak di bangku sekolah.


Ovi tercatat sebagai salah seorang mahasiswa Srata Satu Pendidikan Ekonomi STKIP PGRI Sumatara Barat sejak tahun 2013 lalu. Cita-citanya yang ingin menjadi dosen sekaligus pengusaha ini, menjadi salah satu alasan ia memilih melanjutkan pendidikan di STKIP, seusai manamatkan sekolahnya di SMAN 5 Sijunjung.


Ditahun pertama masa kuliah, laki-laki yang gemar membaca dan traveling ini sudah menunjukan jiwa kepemimpinannya dengan ikut bergabung di Organisasi Kemahasiswaan (OK) Himako (Himpunan Mahasiswa Pendidikan Ekonomi). Semasa menjadi anggota Hima, Ovi selalu menjalankan perannya, bahkan ia tidak menolak saat pertama kali diminta untuk menjadi ketua pelaksana pada suatu kegiatan.


Satu tahun masa kepengurusan, sang juara kelas ini kembali menunjukan kebolehannya, yaitu dengan ikut mencalonkan diri menjadi ketua Hima periode 2015/2016. Berbekal pengalamannya semasa sekolah, ditambah kepribadiannya yang banyak disukai oleh teman-teman sesama aktivis, Ovi terpilih menjadi ketua Hima untuk periode itu.


Namun, Ovi bukanlah orang yang akan cepat puas dengan apa yang ia miliki saat ini, hal ini bukan berarti karena ia tamak atau gila jabatan, melainkan karena keinginannya yang kuat untuk memajukan seluruh OK yang ada di kampus STKIP PGRI Sumbar. Lelaki dengan kepribadian yang tenang ini berpendapat, bahwasanya OK yang ada saat ini belum berjalan secara maksimal, dan menggunakan peran mereka sebagaimana mestinya, dan Ovi ingin memperbaiki hal itu.


Untuk itulah, pada Mubes MSPS (Musyawarah Besar Mahasiswa STKIP PGRI Sumatera Barat) ke XI yang diselenggarakan Jumat-sabtu (15-16/4) kemaren, dengan modal niat dan kepercayaan dirinya, putera dari pasangan Saidul Bahri dan Dasmawati ini maju menjadi salah seorang dari 4 kandidat untuk ketua DLM (Dewan Legislatif Mahasiswa) yang merupakan organisasi tingkat mahasiswa tertinggi dan terkemuka di STKIP PGRI Sumbar. Sungguh luar biasanya lagi, mahasiswa dengan IPK nyaris 4 ini berhasil memenangkan suara terbanyak dan otomatis diangkat menjadi ketua DLM terpilih untuk periode 2016/2017.


Berkenaan dengan itu, kamipun kru Medika berkesempatan untuk wawancara langsung dengan Ketua DLM yang baru ini.


Apa motivasi saudara mencalonkan diri menjadi ketua DLM?


Kalau motivasi internal saya yaitu, keinginan saya sendiri, dimana saya melihat masih banyak yang perlu dibenahi dari OK-OK kita sekarang ini, dan saya ingin memajukan OK selingkungan STKIP serta berjalan sesuai dengan peranannya masing-masing. Sementara motivasi ekternalnya, yaitu dukungungan dari orang tua, dan teman-teman terdekat saya. Selain itu pihak Prodi juga mendukung secara penuh.


Apakah sebelumnya sudah ada firasat akan terpilih, dan bagaimana perasaan saudara sekarang setelah terpilih?


Tidak!Namun ketika mencalon saya PD saja, dan niat yang kuat dalam hati. Kalah menangnya tidak terlalu saya hiraukan. Kalau untuk perasaan tentunya saya sangat senang, disamping saya harus menjalankan amanat ini dengan benar, karena teman-teman sudah mempercayakannya kepada saya.


Apa harapan saudara untuk kedepannya untuk OK-OK yang lain?


Saya berharap OK menjalankan perannya dengan sebaik mungkin, dan saya juga berharap kepada teman-teman yang bergabung di organisasi tidak hanya sekedar menumpang nama, akan tetapi menyadari tanggungjawab serta tugasnya masing-masing. Saya juga berkeinginan untuk membentuk UKM baru, yaitu UKM olahraga.


Bagaimana pendapat saudara tentang penilaian-penilaian negatif terhadap saudara pasca terpilih kemaren?


Yang penting kita menjalani saja, dan membuktikan kepada mereka apa yang cita-citakan, selanjutnya penilaian tersebut akan kita jadikan motivasi untuk jadi lebih baik lagi.(Medika:IDS)

Berita Kemahasiswaan

Dua Ratus Mahasiswa STKIP PGRI Terima Beasiswa

2017-02-01 - 01:13:pm | Kategori Kemahasiswaan | oleh Humas

Unakerhum :  Sebanyak dua ratus mahasiswa kurang mampu mendapatkan beasiswa dari Baznas Kota Padang. Penyerahan &nb.....Baca Selanjutnya

SMA Negeri 1 Gunung Omeh Kunjungi STKIP PGRI

2017-02-01 - 11:51:am | Kategori Kemahasiswaan | oleh Humas

Unakerhum :  Kamis (12/1) Rombongan Guru, Siswa IPA dan IPS  SMA Negeri  1 Gunung Omeh Kabupaten  Li.....Baca Selanjutnya

Berita Kegiatan

Hadirkan KIM Sambil Beramal

2017-02-07 - 01:32:pm | Kategori Kegiatan | oleh Humas

Unakerhum : Setelah satu semester melakukan kegiatan TridharmaPerguruan Tinggi khususnya dalam bidang pendidikan/pengaja.....Baca Selanjutnya

STKIP PGRI Bantu Perbaikan Jalan Umum

2017-02-01 - 01:17:pm | Kategori Kegiatan | oleh Humas

Unakerhum : Ketua STKIP PGRI Sumbar Dr. Hj. Zusmelia, M.Si begitu peduli terhadap pranata sosial, Sosiolog satu ini sang.....Baca Selanjutnya

Berita Akademik

Guru Besar Da-Yeh University Berikan Kuliah Umum Di-Hadapan Civitas Akademika STKIP PGRI

2017-02-25 - 02:46:pm | Kategori Akademik | oleh Humas

Unakerhum : STKIP PGRI Sumbar menilai pembinaan karakter generasi muda melalui perguruan tinggi sangatlah penting, karen.....Baca Selanjutnya

Beasiswa Pasca Sarjana (S2) untuk Alumni STKIP PGRI Sumatera Barat di Da-Yeh University Taiwan

2017-02-25 - 08:57:am | Kategori Akademik | oleh admin
Menindaklanjuti kerjasama antara STKIP PGRI Sumatera Barat dengan Da-Yeh University di Taiwan. Da-Yeh University di Taiwan memberikan b.....Baca Selanjutnya